Kenapa Menulis Di Medium?


Assalamu'alaikum minna-san, konnichiwa. Baiklah, kuakui sudah lama banget sejak terakhir kali aku menulis di blog ini. Sejak aku memutuskan untuk hiatus dari kegiatanku di Komunitas Hujan Kata dan memutuskan untuk fokus dengan studiku saat ini, aku jadi sedikit jarang menulis di blog ini, tulisan terakhirku di blog ini tanggal 26 Juni lalu membahas review buku Di Tanah Lada. Selepasnya aku jarang menulis, bahkan di genre favoritku seperti puisi pun aku memutuskan untuk berhenti sementara waktu sampai aku bisa menyelesaikan studiku.

Tetapi, bukan berarti aku benar-benar berhenti sepenuhnya, terkadang aku masih menulis di salah satu platform yang menurutku bagus untuk diriku menulis di sana, yaitu di Medium. Jika kalian ingin membaca tulisan-tulisanku di sana kalian bisa membacanya di sini.

Seperti yang ditanyakan judul postingan ini, kenapa aku menulis di Medium sekarang dan bukannya fokus di sini saja? Sebenarnya aku tidak memiliki jawaban yang pasti. Namun, semua bermula ketika aku mengetahui kalau salah seorang panutanku dalam menulis, yaitu Ivan Lanin ternyata beliau menulis di platform bernama Medium ini, kala mengetahui itu aku menjadi lumayan sering membaca tulisan-tulisan beliau di Medium sampai akhirnya aku menyadari bahwa aplikasi ponsel Medium memiliki optimasi yang lebih baik daripada aplikasi ponsel Blogger yang dari dulu sampai sekarang gitu-gitu aja nggak ada perkembangannya, entah apa yang ada dipikiran Google sampai hati seperti menelantarkan aplikasi ponsel Blogger ini yang padahal para pesaingnya seperti Wordpress, Tumbrl dan Medium memiliki fungsi, tampilan dan fitur yang menarik dan benar-benar fungsional dan nyaman bagi pengguna ponsel, terutama bagi penulis atau narablog yang pada satu waktu mungkin kelupaan membawa laptop atau kondisi mereka yang memaksa harus menulis dengan ponsel.

Selain itu, alasanku juga menulis di Medium juga karena di platform ini menurutku terlihat lebih profesional dan bersih secara tampilan sehingga sangat cocok bagiku untuk menyampaikan pemikiran atau opini yang sifatnya pribadi secara nyaman. Ditambah banyaknya juga penulis di Medium juga yang melakukan hal serupa membuatku menjadi semakin bersemangat hahaha. 

Walaupun begitu, blog ini bakal tetap menjadi tempat menulis bagiku, terutama untuk review buku maupun anime atau mungkin hal random lainnya. Karena blog ini sudah menjadi bagian dari hidupku dari aku SMP sampai sekarang sebentar lagi menjemput yang namanya wisuda (asik ahay wkwkwk, sebentar lagi menjadi manusia seutuhnya (mungkin wkwkwk)). Jadi blog ini bakal akan tetap aktif, walau mungkin tidak akan sesering dahulu karena aku menatap realistis saja setelah aku wisuda nanti mungkin kesibukanku akan semakin bertambah dengan adanya pekerjaan-pekerjaan yang ada di lapangan (fyi, aku kuliah jurusan Teknik Sipil, yang sebagian pekerjaannya banyak di lapangan).

Yah, aku rasa tulisan ini aku cukupkan saja sampai di sini, aku mohon maaf jika ada salah kata dan jangan lupa untuk membaca tulisan-tulisanku yang ada di Medium. Akhirul kata, wassalamu'alaikum minna-san dan salam literasi.

Comments

Yang Lagi Rame